News Update :
Home » » Video Gerhana Matahari Total 2016 Via Streaming

Video Gerhana Matahari Total 2016 Via Streaming

Penulis : Kwanyar News on Tuesday, March 8, 2016 | 5:11 AM

 

Gerhana Matahari Total 2016 di Situs BMKG


Video Gerhana Matahari Total 2016 Di Indonesia yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang dapat dilihat via streaming di situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Menurut Kepala BMKG, Andi Eka Sakya dikutip Tempo, pihaknya memang akan mengamati dan merekam peristiwa gerhana tersebut.

Gerhana matahari total yang terjadi pad 9 Maret 2016 akan sangat istimewa bagi Indonesia. Pasalnya, negara kita menjadi satu-satunya wilayah yang dapat menangkap fenomena alam tersebut. Terdapat 11 provinsi yang dilintasi Gerhana Matahari Total tersebut, yang mencakup Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.


Disampaikan oleh Kepala Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Thomas Djamaludin, akan ada sedikit perbedaan waktu gerhana matahari total di wilayah indonesia Barat dan Timur. Kepada Liputan6.com Januari lalu, Thomas menyebut, “Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat.  (Akan halnya) di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB.”

BMKG, kepada Tempo pada Februari lalu mengungkap jika mereka akan merekam peristiwa terjadinya gerhana. Pengamatan ini penting untuk mengetahui perubahan yang disebabkan fenomena alam tersebut terhadap variasi medan magnet bumi. Selain itu BMKG juga akan mengukur perubahan anomali gravitasi serta efeknya.

Pengamatan ini dilakukan BMKG di tempat-tempat berbeda. Pengamatan gerhana matahari total akan dilakukan di Ternate, Palu, Tanjung Pandan dan Bengkulu. Akan halnya pengamatan gravitasi bakal terfokus di Palu. Sementara itu, pengamatan medan magnet bumi dilangsungkan di Palu, Manado, Kupang, Jayapura, Pelabuhan Ratu, Tangerang dan Tuntungan, Gunung Sitoli, dan Liwa.

BMKG juga menyatakan jika masyarakat yang tidak bisa memantau gerhana matahari total di lokasi yang disebutkan di atas, tidak perlu resah. Pasalnya, BMKG akan menyediakan video streaming seputar informasi fenomena gerhana tersebut di situs BMKG. Andi Eka Sakya kepada Tempo menyebut, “GMT dapat diakses melalui Internet di berbagai tempat melalui website BMKG.” Klik - www.bmkg.go.id/
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger